Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Sejarah olah raga bola basket

Sejarah olah raga bola basket Bola.my.id - Sejarah olahraga bola basket dimulai pada tahun 1891 di YMCA International Training School (sek...

Sejarah olah raga bola basket

Bola.my.id
- Sejarah olahraga bola basket dimulai pada tahun 1891 di YMCA International Training School (sekarang Springfield College) di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat. Seorang pelatih olahraga bernama Dr. James Naismith ditugaskan untuk menciptakan olahraga baru yang dapat dilakukan di dalam ruangan untuk menghibur para siswa saat musim dingin. Naismith menciptakan aturan yang sangat sederhana: melemparkan bola ke dalam keranjang yang tergantung di ujung ruangan.

Bola basket segera menyebar ke sekolah-sekolah di sekitar Springfield dan kemudian ke seluruh negara. Pada tahun 1936, bola basket diperkenalkan dalam Olimpiade di Berlin. Pada tahun 1950-an, bola basket mulai menjadi populer di sekolah-sekolah dan universitas di Amerika Serikat. Pada tahun 1949, Asosiasi Bola Basket Amerika (BAA) digabungkan dengan Liga Nasional Bola Basket (NBL) untuk membentuk Liga Bola Basket Profesional Amerika (NBA).

Saat ini, bola basket merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia dan dimainkan di seluruh dunia. Ada berbagai liga profesional di seluruh dunia, termasuk NBA di Amerika Serikat, Liga Bola Basket Eropa (EuroLeague) di Eropa, dan Liga Bola Basket Cina (CBA) di Cina. Bola basket juga merupakan salah satu cabang olahraga yang paling digemari di Olimpiade.




Reponsive Ads